PEDOMAN PEMBELAJARAN PERSIAPAN MEMBACA DAN MENULIS DI TAMAN KANAK - KANAK
Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) merupakan salah satu bentuk pendidikan
anak usia dini yang berada pada jalur pendidikan formal, seperti yang termaktub
dalam Peraturan Pemerintah nomor 27 Tahun 1990.
Sebagai lembaga pendidikan prasekolah, tugas utama TK adalah mempersiapkan
anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap/perilaku, dan keterampilan
agar anak dapat melanjutkan kegiatan belajar yang sesungguhnya di sekolah
dasar.
TK merupakan lembaga pendidikan pra-skolastik atau pra-akademik. Itu artinya,
TK tidak mengemban tanggungjawab utama dalam membelajarkan keterampilan
membaca dan menulis. Substansi pembinaan kemampuan skolastik atau akademik
ini haruslah menjadi tanggung jawab utama lembaga pendidikan sekolah dasar.
Alur pemikiran tersebut tidak selalu sejalan dengan praktik kependidikan baik di
TK ataupun SD di Indonesia. Pergeseran tanggungjawab dalam membelajarkan
kemampuan skolastik/akademik khususnya yang berhubungan dengan kemampuan
membaca dan menulis ini seolah-olah telah bergeser dari sekolah dasar ke TK.
Bahkan terdapat SD yang dengan sengaja mengajukan persyaratan atau tes
masuk dengan menggunakan konsep akademik, terutama tes membaca dan
menulis. Akibatnya banyak TK yang tidak lagi menjalankan fungsinya sebagai
tempat bermain yang menyenangkan bagi anak.
Pada dasarnya, membelajarkan persiapan membaca dan menulis di TK dapat
saja dilaksanakan selama dalam batas-batas aturan pengembangan pra-skolastik
atau pra-akademik. Pembelajaran persiapan membaca dan menulis di TK hendaknya
dapat diberikan secara terpadu dalam program pengembangan kemampuan
dasar, dalam hal ini bidang pengembangan berbahasa dan motorik.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan dan masa peka anak pada aspek perkembangan
membaca dan menulis ini dapat disusun
PEDOMAN PEMBELAJARAN PERSIAPAN MEMBACA DAN MENULIS DI TAMAN KANAK - KANAK
Posted by CB Blogger
|
IKLAN |
Social Media Widget SM Widgets
Demo Blog NJW V2 Updated at: 19.22.00
0 komentar:
Posting Komentar